11 Maret 2024 12:57 pm

Soal dan Pembahasan PPPK Keperawatan

Soal dan Pembahasan PPPK Keperawatan
1. Seorang perempuan berusia 78 tahun, dirawat di bangsal neurologi dengan keluhan sesak napas,tampak sedih dan selalu marah. Pasien menderita TBC dan merahasiakan penyakitnya atas permintaan keluarga. Perawat pun menjawab tidak ada penyakit serius yang diderita pasien saatpasien bertanya tentang kondisi penyakitnya kepada perawat. Apakah pelanggaran etik yangdilakukan perawat ?
A. Fidelity dan confidentially
B. Otonomi dan justice
C. Otonomi dan veracity
D. Veracity dan justice
E. Justice dan non maleficiency


Klik Gambar untuk mendapatkan harga promo
Klik Gambar untuk mendapatkan harga promo


2. Seorang perempuan berusia 30 tahun dirawat di ruang interna dengan keluhan sesak. Pada anamneses pasien mengatakan cepat lelah, tidak bisa bangun dari tempat tidur, batuk berlendirwarna putih disertai mual, dan nafsu makan menurun. Pada pemeriksaan fisik didapatkan suhu 37,40C, frekuensi nadi 102X/menit, TD 150/100 mm/Hg, frekuensi nafas 25X/meni., suara nafasronkhi..Apakah masalah keperawatan yang tepat pada kasus tersebut?
a. Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh
b. Ketidakefektifan bersihan jalan nafas
c. Ketidakefektifan pola nafas
d. Intoleransi aktivitas
e. Kelelahan

3. Seorang laki-laki berusia 58 tahun sedang diruang hemodialisa menjalani terapi hemodialisa yang ke-12. Pasien mengatakan merasa bosan dengan pengobatan yang dijalani. Perawat berinteraksi dengan pasien menjelaskan tujuan hemodialisa dan memaksimalkan nilai serta pemahamantentang kualitas hidup yang baik.Apa prinsip etik yang tepat untuk kasus tersebut?
a. Nonmaleficience
b. Beneficience
c. Otonomi
d. Veracity
e. Justice

Klik untuk mendapatkan harga promo
Klik untuk mendapatkan harga promo

4. Seorang perempuan berusia 46 tahun, dirawat di bangsal interna dengan keluhan muntah 5 kali dan buang air besar dengan konsistensi encer sudah 8 kali. Pasien mengatakan keluhan ini dialami sejak 1 hari yang lalu. Hasil pemeriksaan suhu 39oC, turgor kulit lambat kembali, mukosabibir kering. Perawat sedang melakukan pemasangan infus dan telah menyambungkan infus setdengan cairan yang akan digunakan.Apakah langkah selanjutnya untuk kasus tersebut?
a. Menyambungkan infus set dengan abocath
b. Memastikan set infus bebas dari udara
c. Memasang bendungan/torniket
d. Mengatur tetesan cairan
e. Evaluasi respon pasien

5. Seorang perempuan berusia 38 tahun dirawat di bangsal bedah dengan keluhan nyeri post operasi hemoroidektomi hari ke-2. Pasien juga mengatakan belum BAB sejak 2 hari lalu karnakebiasaan malas makan sayur dan mengeluh sulit tidur. Hasil pengkajian nyeri skala 8 pada areaanus terasa seperti ditusuk-tusuk dan terus menerus.Apakah tindakan keperawatan utama kasus diatas ?
A. Lakukan rendam duduk air hangat
B. Kolaborasi pemberian analgetik
C. Lakukan pengkajian PQRST
D. Ajarkan tehnik relaksasi napas dalam
E. Berikan pendidikan kesehatan makanan tinggi serat

6. Seorang laki-laki berusia 69 tahun dirawat di ruang interna dengan keluhan sesak napas dan batuk berlendir. Hasil pengkajian pasien tampak lemah, sesak, terpasang O2 3 liter/menit, batuk disertai lendir berwarna kekuningan, terdengar ronchi pada kedua lapang paru atas. ObservasiTD 90/60 mmHg, frekuensi nadi 102x/menit, frekuensi napas 26x/menit, suhu 38,5oC. Pasienmendapat terapi nebulizer bronchodilator 1 cc.
Apakah evaluasi yang diharapkan pada kasus diatas ?
A. Peningkatan kemampuan mengeluarkan sekret
B. Tidak ada penggunaan otot napas tambahan
C. Peningkatan asupan kalori
D. Hasil rontgen dada normal
E. Penurunan suhu tubuh


Klik untuk mendapatkan harga promo ramadan
Klik untuk mendapatkan harga promo ramadan


7. Seorang laki – laki berusia 66 tahun dirawat dengan keluhan sulit buang air kecil. Hasil pengkajian pasien mengatakan urinenya keluar menetes dan tidak puas BAK. Pasien mengeluh nyeri abdomen bagian bawah. Keluhan ini dirasakan terutama pada malam hari.Apakah pengkajian yang dilakukan untuk kasus diatas ?
A. Pemeriksaan colok dubur
B. Papalsi kandung kemih
C. Inspeksi warna urine
D. Kaji kenyamanan BAK
E. Kaji kebiasaan BAK

8. Seorang perempuan berusia 56 tahun dirawat diinterna dengan diare 8x sehari. Pasien mengeluhnyeri skala 4 pada perut bagian bawah, tampak mukosa bibir kering, anoreksia, edema anasarka. Pasien terpasang kateter urin berwarna kuning keruh. Observasi TTV : TD=200/110 mmHg, N=88 x/menit, S=38C, P=24 x/menit. Hasil laboratorium : WBC =11000 , ureum=202mg/dl dan kreatinin=15 mg/dl. Pasien riwayat hipertensi sejak 10 tahun lalu tidak terkontrol.Apakah masalah keperawatan utama kasus diatas?
A. Nyeri akut
B. Risiko infeksi
C. Ketidakseimbangan cairan dan elektrolit
D. Ketidakefektifan manajemen pengobatan
E. Gangguan nutrisi kurang dari kebuuthan tubuh

9. Seorang laki-laki berusia 34 tahun diruang interna selama 15 hari dengan diagnosis medis Stroke.Pasien mengalami hemiparesis pada ekstremitas bagian kanan. Dilakukan pemeriksaan kekuatanotot untuk mengetahui perkembangan kondisi pasien. Pada pemeriksaan ditemukan pasienmampu mengangkat tangan kanan namun tidak mampu menahan gravitasi.Apakah Hasil pengkajian kekuatan otot pasien pada kasus di atas?
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

10. Seorang perempuan berusia 56 tahun masuk Rumah sakit dengan keluhan nyeri dada sebelah kiridisertai sesak napas. Pasien mengatakan nyerinya menjalar sampai keleher, bahu dan lengan kiri. Pemeriksaan fisik pasien tampak meringis, skala nyeri 8 (berat), tampak gelisah disertai akral dingin. Pemeriksaan EKG ; infark miokard lateral.Apakah masalah keperawatan yang utama pada kasus di atas adalah?
a. Nyeri akut
b. Intoleransi aktifitas
c. Penurunan cardiac output
d. Gangguan pertukaran gas
e. Kelebihan volume cairan


Klik untuk mendapatkan materi PPPK Keperawatan
Klik untuk mendapatkan materi PPPK Keperawatan

Jawaban dan Pembahasan
  1. Jawaban: C. Otonomi dan veracity
Penjelasan: Perawat melanggar prinsip otonomi dengan merahasiakan informasi tentang kondisi penyakit pasien atas permintaan keluarga, serta melanggar prinsip veracity dengan memberikan informasi yang tidak benar kepada pasien.

2. Jawaban: b. Ketidakefektifan bersihan jalan nafas
Penjelasan: Keluhan sesak, batuk berlendir, dan suara nafas ronkhi menunjukkan adanya masalah pada bersihan jalan nafas, sehingga masalah keperawatan yang tepat adalah ketidakefektifan bersihan jalan nafas.

3. Jawaban: b. Beneficience
Penjelasan: Perawat menjelaskan tujuan hemodialisis dan memaksimalkan pemahaman tentang kualitas hidup yang baik, yang sesuai dengan prinsip beneficence (kebaikan) dalam memberikan manfaat kepada pasien.

Klik untuk mendapatkan harga promo
Klik untuk mendapatkan harga promo


4. Jawaban: b. Memastikan set infus bebas dari udara
Penjelasan: Langkah selanjutnya yang tepat adalah memastikan set infus bebas dari udara untuk mencegah emboli udara yang berpotensi merugikan pasien.

5. Jawaban: B. Kolaborasi pemberian analgetik
Penjelasan: Tindakan keperawatan utama pada kasus ini adalah kolaborasi pemberian analgetik untuk mengurangi nyeri pasien yang disebabkan oleh proses post-operasi hemoroidektomi.

6. Jawaban: A. Peningkatan kemampuan mengeluarkan sekretEvaluasi yang diharapkan pada kasus ini adalah peningkatan kemampuan pasien untuk mengeluarkan sekret yang menyebabkan sesak napas dan batuk berlendir. Terapi nebulizer bronchodilator yang diberikan bertujuan untuk memperluas saluran udara dan mempermudah pengeluaran sekret dari saluran napas.


Klik untuk mendapatkan harga promo
Klik untuk mendapatkan harga promo


7. Jawaban: D. Kaji kenyamanan BAKPengkajian yang dilakukan pada kasus ini adalah kaji kenyamanan BAK karena pasien mengalami sulit buang air kecil dan nyeri abdomen bagian bawah terutama pada malam hari. Hal ini menunjukkan adanya masalah pada proses berkemih yang perlu dievaluasi lebih lanjut.

8. Jawaban: C. Ketidakseimbangan cairan dan elektrolitMasalah keperawatan utama pada kasus ini adalah ketidakseimbangan cairan dan elektrolit. Hal ini ditunjukkan oleh gejala diare yang berulang, hipertensi yang tidak terkontrol, edema anasarka, serta hasil laboratorium yang menunjukkan peningkatan ureum dan kreatinin.

9. Jawaban: c. 3Hasil pengkajian kekuatan otot pasien pada kasus ini adalah skor 3. Pasien mampu mengangkat tangan kanan (aktivitas 3), tetapi tidak mampu menahan gravitasi (kekuatan 2). Skor kekuatan otot pada skala 0-5 menunjukkan tingkat kemampuan pasien dalam melakukan gerakan otot tertentu.



10. Jawaban: c. Penurunan cardiac outputMasalah keperawatan utama pada kasus ini adalah penurunan cardiac output yang disebabkan oleh infark miokard lateral. Gejala yang dialami pasien, seperti nyeri dada berat, sesak napas, dan gelisah, menunjukkan adanya masalah pada fungsi jantung yang perlu segera ditangani.
Blog Post Lainnya
-
@2024 bimbelkanduru Inc.