30 Juli 2023 4:58 am

Kisi-Kisi P3K Kompetensi Tehnis Perawat Terampil

Kisi-Kisi P3K Kompetensi Tehnis Perawat Terampil
Berikut adalah penjelasan tentang kisi-kisi 18 Seleksi P3K (Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) untuk Perawat Terampil, dan bagaimana kisi-kisi tersebut dapat dijadikan sebagai dasar belajar untuk persiapan seleksi:
  • Pengkajian Keperawatan Dasar pada Individu: Materi ini mencakup pemahaman tentang prinsip dasar keperawatan dan proses pengkajian kesehatan fisik serta psikososial pada individu. Persiapan dapat dilakukan dengan memahami konsep dasar keperawatan dan mempelajari teknik pengkajian yang benar.
  • Komunikasi Terapeutik dalam Pemberian Asuhan Keperawatan: Keterampilan komunikasi yang efektif adalah penting dalam memberikan asuhan keperawatan. Calon peserta harus memahami teknik komunikasi yang baik antara perawat dan pasien serta bagaimana membina hubungan empati. Studi dan latihan tentang komunikasi yang efektif dapat membantu persiapan.
  • Edukasi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Upaya Promotif: Materi ini melibatkan pemahaman tentang perilaku hidup sehat dan kemampuan dalam memberikan edukasi kepada pasien dan masyarakat. Belajar tentang isu-isu kesehatan dan cara mengedukasi secara efektif dapat membantu dalam persiapan seleksi.

Klik gambar untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut
Klik gambar untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut
  • Pencegahan Cedera dengan Penggunaan Alat Pelindung Fisik: Persiapan dalam materi ini termasuk pemahaman tentang risiko cedera pada pasien dan bagaimana mencegahnya dengan menggunakan alat pelindung fisik dengan benar.
  • Pemberian Oksigenasi Sederhana: Materi ini mencakup pemahaman tentang teknik pemberian oksigenasi sederhana pada pasien serta cara memantau respons pasien terhadap terapi oksigen. Persiapan bisa dilakukan dengan mempelajari prosedur dan praktik pemberian oksigen.
  • Tindakan Keperawatan pada Kondisi Gawat Darurat, Bencana, dan Kritikal: Calon peserta harus menguasai tindakan keperawatan dalam situasi gawat darurat, bencana, dan kondisi kritikal. Studi kasus dan simulasi dapat membantu persiapan dalam menghadapi kondisi-kondisi tersebut.
  • Pembuatan Lingkungan yang Aman, Terkontrol, dan Bebas Risiko Penularan Infeksi: Persiapan dalam materi ini termasuk pemahaman tentang prinsip keamanan lingkungan di fasilitas kesehatan, pencegahan infeksi, dan upaya menjaga kebersihan lingkungan pasien.
  • Intervensi Keperawatan Spesifik yang Sederhana pada Area Medikal Bedah: Studi tentang asuhan keperawatan khusus di area medikal bedah diperlukan untuk mempersiapkan diri menghadapi kondisi-kondisi tersebut.
  • Intervensi Keperawatan Spesifik yang Sederhana pada Area Anak: Persiapan meliputi pemahaman tentang asuhan keperawatan khusus untuk anak-anak dan bagaimana berinteraksi dengan pasien anak.
  • Intervensi Keperawatan Spesifik yang Sederhana pada Area Maternitas: Studi tentang asuhan keperawatan khusus di area maternitas diperlukan untuk mempersiapkan diri menghadapi kondisi-kondisi tersebut.
  • Intervensi Keperawatan Spesifik yang Sederhana pada Area Komunitas: Persiapan meliputi pemahaman tentang asuhan keperawatan di lingkungan komunitas dan keterlibatan dalam upaya promotif dan preventif.
  • Intervensi Keperawatan Spesifik yang Sederhana pada Area Jiwa: Studi tentang asuhan keperawatan khusus di area jiwa diperlukan untuk mempersiapkan diri menghadapi kondisi-kondisi tersebut.
  • Tindakan Terapi Komplementer/Holistik: Persiapan melibatkan pemahaman tentang berbagai terapi komplementer/holistik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan.
  • Tindakan Keperawatan pada Pasien dengan Intervensi Pembedahan pada Tahap Pre/Intra/Post Operasi: Persiapan dalam materi ini termasuk pemahaman tentang tindakan keperawatan sebelum, selama, dan setelah operasi, termasuk merawat luka operasi dan mengatasi komplikasi.


  • Pemberian Perawatan Paliatif: Persiapan melibatkan pemahaman tentang prinsip perawatan paliatif dan kemampuan dalam memberikan dukungan emosional dan spiritual pada pasien dan keluarga.
  • Dukungan/Fasilitasi Kebutuhan Spiritual pada Kondisi Kehilangan/Berduka/Menjelang Ajal dalam Pelayanan Keperawatan: Persiapan mencakup pemahaman tentang pentingnya mendukung aspek spiritual pada pasien yang mengalami kondisi kehilangan, berduka, atau menjelang ajal.
  • Perawatan Luka: Studi tentang teknik perawatan luka dengan steril dan higienis serta mengetahui jenis-jenis perawatan luka sesuai dengan kondisi klien.
  • Dokumentasi Tindakan Keperawatan: Persiapan mencakup pemahaman tentang pentingnya mendokumentasikan tindakan keperawatan secara akurat dan sistematis.

Klik untuk mendapatkan ebook
Klik untuk mendapatkan ebook

Dengan memahami kisi-kisi, calon peserta seleksi dapat mengetahui apa saja yang perlu dipelajari dan dipersiapkan. Mereka dapat belajar dari berbagai sumber, mengulang materi, berlatih soal, serta mengidentifikasi area di mana mereka perlu meningkatkan pemahaman atau keterampilan. Persiapan yang matang dengan memanfaatkan kisi-kisi ini akan meningkatkan peluang calon peserta untuk berhasil dalam seleksi dan menjadi Perawat Terampil yang berkualitas.
Blog Post Lainnya
-
@2024 bimbelkanduru Inc.