24 April 2023 7:33 pm

Kompetensi integritas level 2

Kompetensi integritas level 2
Kompetensi integritas level 2 adalah kemampuan seseorang untuk mengingatkan dan mengajak rekan kerja untuk bertindak sesuai dengan nilai, norma, dan etika organisasi. Kemampuan ini sangat penting bagi individu dan organisasi karena integritas adalah salah satu nilai inti yang harus dijunjung tinggi dalam dunia bisnis dan profesional.Integritas adalah kemampuan seseorang untuk bertindak dengan konsisten sesuai dengan nilai-nilai, norma, dan etika yang dijunjung tinggi. Integritas juga berarti tidak mengorbankan nilai-nilai tersebut demi keuntungan pribadi atau organisasi.


Klik gambar untuk mendapatkan harga promo
Klik gambar untuk mendapatkan harga promo


Oleh karena itu, kompetensi integritas level 2 menjadi penting untuk mendorong dan memelihara integritas di dalam organisasi.Seorang yang memiliki kompetensi integritas level 2 harus memiliki pemahaman yang kuat tentang nilai-nilai dan etika organisasi serta kemampuan untuk mempertahankan integritas tersebut dalam situasi yang sulit atau menghadapi tekanan dari rekan kerja atau lingkungan yang tidak sepaham.

Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya adalah:
  • Menjadi Teladan
Seseorang yang memiliki kompetensi integritas level 2 harus menjadi teladan bagi rekan kerja. Ini berarti bahwa dia harus mematuhi nilai-nilai dan etika organisasi, tidak melakukan tindakan yang melanggar aturan atau norma yang ada. Ketika rekan kerja melihat bahwa dia memiliki integritas yang kuat, maka mereka akan lebih termotivasi untuk mengikuti jejaknya.


Klik gambar untuk mendapatkan buku referensi
Klik gambar untuk mendapatkan buku referensi
  • Berbicara dengan Jelas dan Tegas
Ketika menemukan situasi di mana nilai atau norma organisasi dilanggar, seseorang yang memiliki kompetensi integritas level 2 harus mampu berbicara dengan jelas dan tegas kepada rekan kerja yang melanggar. Dia harus mengungkapkan kekhawatiran dan menegaskan pentingnya mematuhi nilai dan etika organisasi. Namun, dalam berbicara jangan sampai menimbulkan ketegangan atau konflik yang berlebihan.

  • Mengajak Diskusi
Mengajak rekan kerja untuk membicarakan dan memperdebatkan tindakan yang tidak sesuai dengan nilai dan etika organisasi adalah cara lain untuk mendorong integritas di dalam organisasi. Seseorang yang memiliki kompetensi integritas level 2 harus dapat membuka diskusi dengan cara yang terbuka dan menghormati pandangan rekan kerja.


Klik gambar untuk mendapatkan harga terbaik
Klik gambar untuk mendapatkan harga terbaik


  • Mendorong Pengembangan Diri
Mendorong rekan kerja untuk mengembangkan diri dengan memperoleh pengetahuan baru tentang nilai dan etika organisasi serta meningkatkan kesadaran mereka tentang pentingnya integritas juga merupakan cara yang efektif untuk memperkuat integritas di dalam organisasi. Seseorang yang memiliki kompetensi integritas level 2 harus bisa memberikan dukungan dan saran pada rekan kerja yang ingin meningkatkan integritasnya.

  • Mengambil Tindakan
Ketika nilai atau etika organisasi dilanggar, seseorang yang memiliki kompetensi integritas level 2 harus dapat mengambil tindakan yang tepat. Tindakan ini bisa berupa melaporkan pelanggaran
Blog Post Lainnya
-
@2024 bimbelkanduru Inc.