18 Oktober 2022 10:36 pm

PEMERIKSAAN RANGSANG MININGEAL

PEMERIKSAAN RANGSANG MININGEAL
Pemeriksaan tanda rangsang meningeal terdiri dari 4 perasat, yaitu pemeriksaan kaku kuduk (nuchal rigidity), tanda Brudzinski I, Brudzinski II, dan Kernig.

Kaku Kuduk
Pasien dalam posisi terlentang. Posisikan satu tangan pemeriksa di bawah kepala pasien dan tangan lain di atas dada. Lakukan fleksi pada leher pasien ke arah dada secara pasif. Apabila terdapat tahanan sehingga dagu tidak menempel pada dada, maka kaku kuduk dinyatakan positif. Pemeriksaan kaku kuduk dapat memberikan hasil positif pada kasus selain meningitis, seperti pada tetanus, tumor korda spinalis, peningkatan tekanan intrakranial, bahkan stroke. Pemeriksaan ini memiliki sensitivitas yang rendah tetapi spesifisitasnya tinggi.

Tanda Brudzinski I
Pasien dalam posisi terlentang. Posisikan satu tangan pemeriksa di bawah kepala pasien dan tangan lain di atas dada. Kemudian, fleksikan kepala pasien ke arah dada secara pasif. Apabila kedua tungkai bawah fleksi pada sendi panggul dan sendi lutut saat kepala difleksikan, maka tanda Brudzinski I dinyatakan positif.


Tanda Brudzinski II
Pasien dalam posisi terlentang. Tungkai kiri dalam keadaan lurus. Kemudian, fleksikan tungkai kanan secara pasif pada sendi panggul. Apabila diikuti oleh fleksi tungkai kiri, tanda Brudzinski II dinyatakan positif.




Tanda Kernig
Pasien dalam posisi terlentang. Fleksikan tungkai bawah pada sendi panggul hingga 90 derajat (tegak lurus). Kemudian, ekstensikan tungkai bawah pada sendi lutut. Dalam keadaan normal, sendi lutut dapat diekstensikan hingga sebesar 135˚. Apabila saat ekstensi sendi lutut terdapat hambatan dan menyebabkan nyeri, tanda Kernig dinyatakan positif.
Blog Post Lainnya
-
@2024 bimbelkanduru Inc.