27 Maret 2024 10:06 am

Pemerintah Akan Umumkan Rekrutmen CASN di Bulan Mei 2024

Pemerintah Akan Umumkan Rekrutmen CASN di Bulan Mei 2024
Pemerintah akan melaksanakan pengumuman rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada bulan Mei 2024, termasuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di instansi pusat. Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Haryomo Dwi Putranto, telah mengonfirmasi hal ini.

Klik untuk mendapatkan harga promo
Klik untuk mendapatkan harga promo


Jadwal rekrutmen CPNS, yang semula direncanakan pada bulan Maret, telah ditunda menjadi bulan Mei. Penyebab penundaan ini adalah karena daftar formasi kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari kementerian dan lembaga pemerintah yang belum selesai."Bulan Mei akhir akan kita lakukan pengumuman formasi apa saja yang dibuka dalam rekrutmen ASN 2024 meliputi CPNS dan PPPK," ungkap Haryomo di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, seperti yang dikutip pada hari Selasa, 26 Maret 2024.


Klik untuk mendapatkan buku ori dengan harga diskon
Klik untuk mendapatkan buku ori dengan harga diskon


Haryomo menegaskan bahwa pemerintah akan membuka seleksi CASN sebanyak tiga kali dalam tahun ini. Pertama, pengumuman akan dilakukan untuk sekolah kedinasan seperti Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) di Kementerian Keuangan dan institusi serupa lainnya.

"Pengumuman formasi sekolah kedinasan akan dilakukan pada bulan April 2024," ujarnya ketika ditemui di Kementerian Komunikasi dan Informatika, pada hari Kamis, 20 Maret 2024.


Klik untuk mendapatkan harga promo
Klik untuk mendapatkan harga promo


Kedua, pemerintah akan membuka seleksi CASN yang mencakup CPNS dan PPPK pada akhir bulan Mei. Tes akan dilaksanakan sebulan setelah pengumuman tersebut. Ketiga, pada akhir bulan Juni, pemerintah akan mengadakan seleksi untuk formasi di luar kedinasan atau formasi umum.

Rencananya, jumlah formasi untuk CASN pada tahun 2024 mencapai 2,3 juta orang. Dari jumlah tersebut, kebutuhan untuk CPNS mencapai 690.822 yang akan memberikan prioritas kepada para lulusan baru. Sementara itu, sebanyak 1,6 juta formasi dialokasikan untuk PPPK.


Klik gambar untuk mendapatkan harga promo
Klik gambar untuk mendapatkan harga promo


Pemerintah membutuhkan sebanyak 429.183 orang untuk instansi pusat, dengan rincian 207.247 CPNS dan 221.936 PPPK. Sedangkan untuk instansi daerah, terdapat 1.867.333 formasi yang terbagi menjadi 483.575 formasi untuk CPNS dan 1.383.758 formasi untuk PPPK.

Selain itu, terdapat juga formasi untuk sekolah kedinasan sebanyak 6.027 sekolah. Dalam rekrutmen CASN tahun 2024 ini, pemerintah akan memberikan prioritas kepada tenaga honorer dan lulusan baru.
Blog Post Lainnya
-
@2024 bimbelkanduru Inc.