18 Oktober 2022 11:26 pm

Keperawatan Keluarga

Keperawatan Keluarga
Perawat keluarga adalah perawat yang berperan membantu individu dan keluarga untuk menghadapi penyakit dan disabilitas kronik dengan meluangkan sebgaian waktu bekerja di rumah pasien dan bersama keluarganya. Keperawatan keluarga dititikberatkan pada kinerja perawat bersama dengan keluarga karena keluarga merupakan subyek.

Peran Perawat Keluarga:
  1. Health educator (pemberi pendidikan kesehatan)
  2. Coordinator (Conector) : mengatur perencanaan program-program atau merancang intervensi yang akan dilaksanakan. Contoh merencanakan klien untuk dirujuk ke tim medis lain.
  3. Provider / caregiver : memberikan pelayanan kesehatan secara langsung.
  4. Health Promotion (home care & home visit)
  5. Consultant : penasehat dan memberi saran jika diminta oleh klien
  6. Collaborator : berkolaborasi dengan tim medis lain untuk tujuan kesembuhan klien.
  7. Fasilitator: contohnya memfasilitasi keluarga yang kurang mampu untuk memperoleh jamkesmas.
  8. Case founder: penemu kasus
  9. Enviromental modifier: memodifikasi lingkungan baik berupa fisik, psikis, maupun perilaku dan gaya hidup.




Peran Keluarga :
  1. Peran ayah : ayah sebagai suami dari istri dan ayah dari anak-anaknya, berperan dari pencari nafkah, pendidik, pelindung dan pemberi rasa aman sebagai kepala keluarga, anggota dari kelompok sosial serta dari anggota masyarakat dari lingkungannya.
  2. Peran ibu : ibu sebagai istri dan ibu dari anak-anaknya. Ibu mempunyai peran mengurus rumah tangga , sebagai pengasuh dan pendidik anak-anaknya, pelindung dan sebagai salah satu kelompok dari peranan sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya, disamping itu ibu juga dapat berperan sebagai pencari nafkah tambahan dalam keluarga.
  3. Peran anak : anak-anak melaksanakan peran psikososial sesuai engan tingkat perkembangan fisik, mental, soaial dan spiritual.




Fungsi keluarga, yaitu :
  1. Fungsi afektif (the Affective Function) adalah fungsi untuk mengajarkan segala sesuatu untuk mempersiapkan anggota keluarga berhubungan dengan orang lain.
  2. Fungsi sosialisasi yaitu proses perkembangan dan perubahan yang dilalui individu yang menghasilkan interaksi sosial dan belajar berperan dalam lingkungan sosialnya. Fungsi ini berguna untuk membina sosialisasi pada anak, membentuk norma-norma tinkah laku sesuai dengan tingkat perkembangan anak dan dan meneruskan nilai-nilai budaya keluarga.
  3. Fungsi reproduksi (the reproduction function) adalah fungsi untuk mempertahankan generasi dan menjaga kelangsungan keluarga.
  4. Fungsi ekonomi (the economic function) yaitu keluarga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan keluarga secara ekonomi dan tempat untuk mengembangkan kemampuan individu meningkatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.
  5. Fungsi perawatan atau pemeliharaan kesehatan (the health care function) adalah untuk mempertahankan keadaan kesehatan anggota keluarga agar tetap memiliki produktivitas yang tinggi.


Fungsi ini dikembangkan menjadi tugas keluarga dibidang kesehatan.
Tahap perkembangan keluarga
Stage 1 : Beginning Family / Keluarga Baru Menikah
Stage 2 : Childbearing Family / Keluarga dengan Kelahiran Anak Pertama
Stage 3 : Family With Preschoolers / Keluarga dengan Anak Pra-Sekolah (usia 2,5 -5 Tahun)
Stage 4 : Family With School-age Children / Keluarga dengan Anak Sekolah (Usia anak pertama 6 -12 Tahun)
Stage 5 : Family With Teenagers / Keluarga dengan Anak Remaja (usia 13-19/20 Tahun)
Stage 6 : Launching Family / Keluarga dengan Anak Dewasa
Stage 7 : Middleage Family / Keluarga Usia Pertengahan
Stage 8 : Aging Family / Keluarga Usia Lanjut

Tugas keluarga dlm bidang kesehatan terdiri dri 5 bagian, diantaranya :
1. Mengenal Masalah kesehatan
2. Merawat anggota keluarga yg sakit
3. Memutuskan tindakan yang tepat bagi keluarga
4. Memodifikasi Lingkungan Rumah
5. Memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan




LATIHAN SOAL 1 Perawat Puskesmas sedang melakukan kunjungan rumah di Desa X. Hasil pengkajian terdiri dari suami, istri, dan 3 orang anak yang berusia 13, 7 dan 2 tahun. Pasangan suami istri ini mengatakan bahwa sudah menikah 14 tahun dan anak pertamanya sudah mengalami menarche sedangakan anak terakhir masih belajar berjalan. Apakah tahapan perkembangan keluarga pada kasus diatas?
a. Childbearing family
b. Keluarga dengan anak batita
c. Keluarga dengan anak remaja
d. Keluarga dengan anak pra sekolah
e. Keluarga dengan anak usia sekolah

PEMBAHASAN Untuk mengetahui soal tahap perkembangan keluarga, maka fokus pada usia anak pertama dalam keluarga tersebut. Family With Teenagers / Keluarga dengan Anak Remaja (usia 13-19/20 Tahun). JAWABAN : C

LATIHAN SOAL 2 Seorang perawat sedang melakukan kunjungan pada keluarga binaannya. Hasil pengkajian menemukan anak pertama dari keluarga X yang berusia 12 tahun mengalami demam sejak 2 hari yang lalu. Hasil pengkajian klien tampak lemah, suhu 38,5 o C, terdapat ptekie di tangan. Orang tua sudah memberikan obat penurun panas yang didapat dari warung. Hasil pengkajian lingkungan rumah: selokan disamping rumah tampak kotor dan penuh dengan sampah sehinga aliran air tersumbat, dan menggenang. Apakah tugas keluarga dalam bidang kesehatan yang belum terpenuhi pada kasus diatas?
a. Memutuskan tindakan yang tepat bagi keluarga
b. Merawat anggota keluarga yang sakit
c. Mengenal masalah kesehatan
d. Memodifikasi lingkungan rumah
e. Memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan


PEMBAHASAN : Berdasarkan kasus diatas klien mengalami demam dan keluarga sudah berusaha mengatasi dengan pemberian obat penurun panas, sedangakan kelurga belum melaksanakan tugas memodifikasi lingkungan untuk menjamin kesehatan keluarga nya, yaitu kelurga masih membiarkan selokan disamping rumah tampak kotor dan penuh dengan sampah sehinga aliran air tersumbat, dan menggenang. JAWABAN: D

LATIHAN SOAL 3 Seorang mahasiswa praktik keperawatan keluarga sedang melaksanakan asuhan keperawatan keluarga. Hasil pengkajian mahasiswa memperoleh data sebuah keluarga terdiri dari suami, istri, 1 orang anak, nenek dan seorang bibi. Pasangan suami istri ini menikah sejak 3 tahun lalu. Keluarga tinggal di rumah warisan kakek buyutnya. Apakah tipe keluarga diatas?
a. Extented family
b. Dyad family
c. Commuter Family
d. Blended Family
e. Nuclear family

PEMBAHASAN : extended family adalah keluarga inti ditambah dengan keluarga lain misalnya nenek, bibi, paman, tante, orang tua, keponakan. JAWABAN : A

LATIHAN SOAL 4 Saat kunjungan rumah perawat menjumpai perempuan usia 70 tahun tinggal bersama keluarga. Keluarga mengatakan klien lebih banyak memilih diam di kamar. Cenderung marah dan tidak ingin keluar kamar semenjak suaminya meninggal dunia. Keluarga sudah membantu membersihan kamar dan tempat tidur klien agar tidak berbau. Apakah pengkajian yang tepat pada kasus diatas?
a. Tanda-tanda vital
b. Skala aktivitas sehari-hari
c. Kolaborasi untuk pemeriksaan urin
d. Tingkat depresi dengan Geriatric Scale Depression
e. Status kognitif dengan mini mental state examination




PEMBAHASAN: Kehilangan pasangan adalah salah satu tugas perkembangan bagi lansia yang perlu dipersiapkan, karena hal ini dapat menjadi pemicu pada lansia. Adanya tanda dan gejala tersebut JAWABAN : D
LATIHAN SOAL 5 Seorang perawat melakukan pengkajian pada salah satu keluarga dan diperoleh data keluarga tersebut terdiri atas seorang suami, istri dan tiga anak kandung. Apakah tipe keluarga yang tepat pada kasus?
A. Dyad family
B. Nuclear family
C. Extended family
D. Commuter family
E. Commune family


LATIHAN SOAL 6 Seorang perawat puskesmas sedang melakukan kunjungan ke rumah binaan dan menemukan data sebuah keluarga yang beranggotakan suami, istri dan ke-3 anaknya. Hasil pengkajian kepala keluarga bekerja sebagai nelayan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Anggota keluarga sangat mendukung pekerjaan yang dilakukan oleh kepala keluarga. Istri sesekali menyisihkan sebagian uang hasil kerja untuk ditabung. Apakah fungsi keluarga yang dikaji perawat pada kasus tersebut ?
A. Fungsi Afektif
B. Fungsi Spiritual
C. Fungsi Ekonomi
D. Fungsi Sosialisasi
E. Fungsi Reproduksi

PEMBAHASAN Kepala keluarga bekerja sbgi nelayan utk memenuhu kebutuhan sehari-hari. Anggota keluarg sgt mendukung pekerjaan yg dilakukan oleh kepala keluarga. Istri sesekali menyisihkan sebagian uang hasil kerha utk di tabung. Pd kasus ini sangat cocok dgn fungsi ekonomi krn sdh jelas pd dfnya sgt mengarah pd fungsi ekonomi keluarga yg dimna seorg istri membantu sang suami dlm mencari nafkah dgn menyisihkn hasil kerja




LATIHAN SOAL 7 Seorang perawat komunitas melakukan kunjungan dari rumah ke rumah, namun ada satu keluarga menolak untuk didata. Perawat melihat lingkungan rumah yang kotor serta banyak lalat dan nyamuk. Perawat melakukan pendekatan secara perlahan-lahan pada keluarga tersebut tanpa melakukan pemaksaan sampai keluarga tersebut menerima kehadiran perawat tersebut. Apakah etik keperawatan yang dilakukan perawat tersebut ?
A. Nonmaleficience
B. Beneficience
C. Akuntability
D. Autonomy
E. Veracity

JAWABAN : D
Blog Post Lainnya
@2023 bimbelkanduru Inc.