16 April 2023 5:37 am

Penanganan trauma pertama dengan prinsip ABC

Penanganan trauma pertama dengan prinsip ABC
Penanganan trauma pertama dengan prinsip ABC (Airway, Breathing, Circulation) adalah suatu metode pertolongan pertama pada kondisi gawat darurat yang terjadi akibat trauma atau kecelakaan yang mengancam nyawa. Prinsip ABC ini digunakan untuk menjamin bahwa korban trauma mendapatkan pertolongan pertama yang cepat dan efektif.


Klik gambar untuk mendapatkan harga promo
Klik gambar untuk mendapatkan harga promo


Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai prinsip ABC dalam penanganan trauma pertama:

Airway (Jalan Napas) Langkah pertama dalam prinsip ABC adalah
Klik gambar untuk mendapatkan harga promo
Klik gambar untuk mendapatkan harga promo
memastikan bahwa jalan napas korban terbuka. Jika korban tidak sadar, maka kepala harus diletakkan pada posisi yang benar untuk memperbaiki aliran udara dan mencegah obstruksi jalan napas. Teknik ini disebut juga dengan head tilt chin lift. Jika masih terdapat benda asing pada jalan napas, segera angkat atau keluarkan benda tersebut. Breathing (Pernapasan) Setelah jalan napas terbuka, langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa korban sedang bernapas dengan baik. Periksa pernapasan korban dengan memperhatikan gerakan dada dan mendengarkan suara napas. Jika korban tidak bernapas atau napasnya tidak teratur, segera lakukan tindakan resusitasi jantung paru (CPR) dan panggil tim medis atau ambulans secepat mungkin.


Klik gambar untuk mendapatkan harga promo
Klik gambar untuk mendapatkan harga promo
Circulation (Peredaran Darah) Setelah pernapasan korban terjamin, periksa peredaran darah pada korban. Cek denyut nadi dan tekanan darah korban. Jika denyut nadi tidak terasa atau tekanan darah korban rendah, segera lakukan tindakan kompresi dada atau CPR.

Selain prinsip ABC, ada juga prinsip D (Disability) yang mengacu pada penilaian tingkat kesadaran korban dan prinsip E (Exposure) yang mengacu pada mengekspos bagian tubuh yang terluka. Prinsip D dan E dapat membantu dalam menentukan tindakan selanjutnya pada korban trauma.



Penting untuk diingat bahwa penanganan trauma pertama dengan prinsip ABC hanya bertujuan untuk memberikan pertolongan pertama pada korban dan memberikan waktu bagi tim medis untuk tiba di lokasi kejadian. Setelah tim medis tiba, penanganan lanjutan akan dilakukan sesuai dengan kondisi korban.Dalam situasi gawat darurat, sebaiknya selalu memanggil tim medis atau ambulans secepat mungkin dan tetap tenang dalam memberikan pertolongan pertama pada korban. Selalu ikuti prinsip ABC dan periksa korban dengan seksama untuk menentukan tindakan yang harus dilakukan.
Blog Post Lainnya
-
@2024 bimbelkanduru Inc.