31 Maret 2024 9:01 am

Contoh Soal Penalaran Untuk Pelayanan Publik

Contoh Soal Penalaran Untuk Pelayanan Publik
1. Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan game online, Riza adalah seorang manajer layanan pelanggan yang ingin memahami kebutuhan dan keinginan pemain. Riza ingin mengetahui preferensi pemain terkait mode permainan yang dinginkan. Dalam situasi ini, tindakan mana yang paling tepat untuk Riza lakukan?
A. Mengandalkan data statistik dari game untuk menentukan mode permainan yangpaling populer.
B. Mengirimkan email kepada para pemain dengan pertanyaan terkait modepermainan yang mereka sukai.
C. Mengatur pertemuan dengan kelompok pemain terpilih untuk mendiskusikanpreferensi mereka terkait mode permainan.
D. Mengembangkan berbagai mode permainan baru untuk memberikan variasikepada pemain.
E. Mengadakan voting di media sosial untuk memungkinkan pemain memilih modepermainan favorit mereka.

Klik disini untuk daftar
Klik disini untuk daftar

2. Di sebuah sekolah dasar, terdapat seorang kepala sekolah bernama Bapak Adi, yang menghadapi tantangan kurangnya anggaran yang memadai untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi siswa-siswanya. Bapak Adi ingin mencari solusi yang dapat memberikan dampak positif bagi siswa-siswa tersebut. Dalam menghadapi masalah kurangnya anggaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan, tindakan apa yang sebaiknya diambil oleh Bapak Adi?
A. Mengurangi jumlah jam pelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler demi menghematanggaran.
B. Membatasi akses siswa terhadap fasilitas sekolah, seperti perpustakaan danlaboratorium, untuk menghemat anggaran.
C. Mengorganisir Kerjasama dengan perusahaan dan lembaga lain untukmenyediakan sponsor dan donasi dalam bentuk bantuan pendidikan.
D. Membebankan biaya tambahan kepada siswa dan orang tua sebagai kompensasi atas kurangnya anggaran yang diberikan.
E. Mengabaikan masalah kurangnya anggaran dan tetap menjalankan Pendidikan seperti biasa.

3. Di sebuah perusahaan telekomunikasi, terdapat seorang manajer layanan pelangganbernama Sarah, yang berusaha membangun sistem pengaduan dan penanganan keluhan yang cepat dan tepat. Dalam membangun sistem pengaduan dan penanganan keluhan yang cepat dan tepat, tindakan apa yang sebaiknya diambil oleh Sarah?
A. Mengurangi jumlah personel yang bertanggung jawab atas penanganan keluhanagar dapat menghemat biaya operasional perusahaan.
B. Melakukan survei kepuasan pelanggan secara teratur dan menggunakan masukantersebut untuk memperbaiki sistem pengaduan yang ada.
C. Menunda penanganan keluhan yang dianggap kurang penting untuk fokus pada peningkatan penjualan produk baru.
D. Mengenakan biaya tamabahan kepada pelanggan yang mengajukan keluhan agar ddapat mengimbangi biaya operasional sistem pengaduan.
E. Mengabaikan keluhan yang masuk dan fokus pada upaya meningkatkan keuntungan perusahaan.


Klik gamabr untuk mendapatkan harga promo
Klik gamabr untuk mendapatkan harga promo


4. Anda bekerja di sebuah kantor pelayanan publik yang melayani pembayaran pajak dan retribusi. Seorang wajib pajak datang dengan niatan untuk melakukan pembayaran pajak tahunan. Namun, setelah menghitung jumlah yang harus dibayar, dia terlihat sangat cemas karena nominal pajak cukup besar. Apa tindakan terbaik yang harus Anda ambil dalam situasi ini?
A. Menyarankan wajib pajak untuk mencari cara-cara untuk menghindari atau mengurangi jumlah pajak yang harus dibayar.
B. Menjelaskan dengan detail komponen pajak dan tujuan penggunaannya,memberikan pemahaman kepada wajib pajak.
C. Menawarkan kemungkinan pembayaran secara cicilan untuk meringankan bebanwajib pajak.
D. Mengabaikan kecemasan wajib pajak dan hanya menerima pembayaran sesuainominal yang tertera.
E. Mengkritik wajib pajak karena tidak mempersiapkan pembayaran pajak denganbaik.

5. Anda adalah seorang konsultan yang dipekerjakan oleh sebuah perusahaan swasta untuk membantu mereka mengubah budaya organisasi yang kurang responsif danramah dalam pelayanan publik. Dalam situasi ini, tindakan apa yang paling sulit namun paling penting untuk Anda ambil?
A. Mengajukan langkah-langkah taktis yang harus diambil oleh manajemen untukmerubah pola pikir staf.
B. Membuat rencana komunikasi internal yang efektif untuk menjelaskan alasandan manfaat perubahan budaya.
C. Mengadakan sesi pelatihan intensif bagi seluruh staf yang berfokus padaketerampilan interpersonal.
D. Mencari tahu aspek-aspek budaya yang dianggap berharga oleh staf danmencoba mengintegrasikan dalam perubahan budaya baru.
E. Menunjuk beberapa staf kunci sebagai agen perubahan yang akan membericontoh dan mendorong penerapan budaya baru.

Klik gambar untuk mendapatkan promo
Klik gambar untuk mendapatkan promo

6. Anda adalah seorang kepala sekolah di sebuah SMP negeri. Anda ingin meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran di sekolah Anda. Anda mengetahui bahwa ada beberapa lembaga pelayanan publik lainnya yang dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut, seperti lembaga pendidikan, lembaga penelitian, lembaga kesehatan,dan lain-lain. Namun, Anda juga mengetahui bahwa untuk bekerja sama dengan lembaga-lembaga tersebut, Anda harus berbagi sumber daya, informasi, dan tanggung jawab dengan mereka. Apa yang akan Anda lakukan untuk menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga tersebut?
A. Anda akan mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan dan masalah yangdihadapi oleh sekolah Anda dalam hal pembelajaran. Anda juga akan menentukan tujuan dan sasaran yang ingin Anda capai dengan bekerja samadengan lembaga-lembaga tersebut.
B. Anda akan mencari dan memilih lembaga-lembaga yang memiliki kompetensi, kredibilitas, dan keterlibatan yang tinggi dalam bidang pembelajaran. Anda juga akan mengevaluasi dan membandingkan manfaat, risiko, dan biaya yang terkaitdengan bekerja sama dengan lembaga-lembaga tersebut.
C. Anda akan menegosiasikan dan menetapkan kesepakatan atau perjanjian kerjasama dengan lembaga-lembaga yang Anda pilih. Anda juga akan menentukan peran, tugas, dan tanggung jawab masing-masing pihak dalam kerja samatersebut.
D. Anda akan melaksanakan dan memonitor pelaksanaan kerja sama denganlembaga-lembaga yang Anda pilih. Anda juga akan berkoordinasiberkolaborasi dengan mereka dalam hal penyediaan sumber daya, pertukaraninformasi, dan penyelesaian masalah.
E. Anda akan menilai dan merevisi kerja sama dengan lembaga-lembaga yang Andapilih. Anda juga akan memberikan umpan balik dan pengakuan kepada merekaatas kontribusi dan prestasi yang telah mereka berikan.

7. Anda adalah seorang kepala dinas kesehatan di sebuah kabupaten. Anda inginmeningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya didaerah-daerah terpencil dan terisolir. Anda mengetahui bahwa salah satu kendalayang Anda hadapi adalah kurangnya tenaga kesehatan yang berkompeten danbersertifikat, seperti dokter, perawat, atau bidan. Apa yang akan Anda lakukan untukmengatasi keterbatasan tersebut?
A. Anda akan merekrut dan menempatkan tenaga kesehatan yang berkompetendan bersertifikat dari luar daerah Anda. Anda juga akan memberikan insentif danfasilitas yang menarik dan memadai bagi mereka. Anda akan menjaga danmemperkuat loyalitas dan kinerja mereka.
B. Anda akan melatih dan mengembangkan tenaga kesehatan yang ada di daerahAnda. Anda juga akan memberikan bimbingan dan supervisi yang berkualitas danberkelanjutan bagi mereka. Anda akan meningkatkan dan mengakui kompetensidan prestasi mereka.
C. Anda akan bekerja sama dan berkoordinasi dengan lembaga kesehatan lainnya,seperti rumah sakit, puskesmas, atau klinik. Anda juga akan memanfaatkan danmengoptimalkan sumber daya dan fasilitas yang mereka miliki. Anda akanmenciptakan dan menjalin jejaring kerja yang efektif dan harmonis denganmereka.
D. Anda akan memanfaatkan dan mengintegrasikan teknologi informasi danmendukung perangkat dan aplikasi yang dapat membantu tenaga kesehatandalam melakukan tugas dan tanggung jawab mereka. Anda akan mengawasi danmengevaluasi penggunaan dan dampak teknologi tersebut.
E. Anda akan melibatkan dan memberdayakan masyarakat dalam pelayanankesehatan. Anda juga akan mengedukasi dan menginspirasi masyarakat untukmeningkatkan kesadaran dan perilaku hidup sehat. Anda akan mendengar danmerespon kebutuhan dan harapan masyarakat.

8. Saya perawat. Ketika sedang melayani seorang pasien, tiba-tiba datang seorangkeluarga pasien lain dengan nada marah bahkan sampai mencaci saya. la menjelaskanbahwa pelayanan perawat dalam memasang infus pada keluarganya kurang hati-hatisehingga menyebabkan pasien kesakitan. Padahal infus tersebut bukan saya yangpasang melainkan oleh rekan kerja yang lain. Sikap saya ...
A. Menahan emosi dan menjelaskan bahwa bukan saya yang memasang infusnya.
B. Dengan tenang mendengarkan keluhannya.
C. Menasehatinya agar tidak boleh berkata kasar.
D. Meminta maaf dan mendengarkan keluhannya.
E. Berusaha tidak marah meskipun dicaci dan tetap melayani keluhannya

Klik gambar untuk mendapatkan ebook gratis
Klik gambar untuk mendapatkan ebook gratis

9. Anda adalah seorang karyawan yang bekerja pada perusahaan yang berkaitan denganpelayan masyarakat dan Anda sadar bahwa setiap individu memiliki kemampuan yangberbeda dalam memahami regulasi dan kebijakan pelayanan yang perusahaan Andatetapkan sehingga seringkali terjadi miskomunikasi ditambah lagi hal-hal teknis yangseringkali dikeluhkan masyarakat karena mengganggu proses pelayanan perusahaanAnda. Oleh karena itu untuk lebih meningkatkan pelayanan maka...
A. Perlu dibuatkan sebuah call center yang siap 24 jam untuk menerima semuapengaduan masyarakat.
B. Email koresponden dibutuhkan agar operator bisa melayani seluruh pertanyaanyang masuk dari masyarakat seputar pelayanan.
C. Menempatkan kotak saran di loket pelayanan untuk mengakomodir semuakeluhan masyarakat.
D. Mendirikan loket customer service sebagai tempat masyarakat memperolehinformasi secara langsung.
E. Membangun sistem FAQ di web perusahaan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan terkait regulasi dan kebijakan pelayanan.

10. Anda bekerja di instansi pelayanan dan di tempatkan di loket pengaduan konsumendigunakannya aplikasi layanan pembuatan kartu kesehatan secara online. Ketikaanda sedang bertugas datang konsumen memakai kursi roda yang merupakandifabel menanyakan proses perpanjangan administrasi kartu kesehatan yang sudahhabis masa anggotanya. Anda tahu bahwa loket perpanjangan administrasi kartukesehatan ada di lantai dua. Tindakan anda ...
A. Mengarahkan konsumen menuju satpam dan meminta bantuan satpam untukmenanggapi keperluan konsumen tersebut di loket perpanjangan administrasi.
B. Memberitahu letak ruangan perpanjangan administrasi kart kesehatan yaituada dilantai dua.
C. Membantu konsumen tersebut untuk perurusan administras di lantai dua.
D. Memberikan saran ke konsumen sebaiknya dia membawa rekan atau saudarauntuk membantu mengurus keperluannya.
E. Memberitahu letak loket perpanjangan administrasi dan membantu konsumentersebut untuk kepengurusan di lantai dua.


11. Pekan ini anda menerima berbagai macam keluhan dari pelanggan anda terkaitpelayanan dari perusahaan terhadap mereka. Sebagai perusahaan yang memberikanlayanan anda sudah sepatutnya mengerti akan kebutuhan pelanggan agar merekatetap menggunakan jasa perusahaan anda, ketika ada seorang pelanggan yang datangmenyampaikan keluhannya, yang anda lakukan ...A. Meminta pelanggan tersebut untuk diam, karena keluhan bisa disampaikansecara tulisan.B. Menanyakan keluhan pelanggan tersebut dan menjadikan bagian dari solusi.C. Mendengarkan setiap keluhan yang masuk kepada anda dengan seksama.D. Mengatasi keluhan yang masuk dengan tetap tenang dan fokus.E. Mencoba mengerti keluhan pelanggan terhadap perusahaan, walaupun dalamhati anda merasakan ini membosankan.

12. Dina adalah seorang manajer pemasaran dalam sebuah perusahaan. Perusahaantersebut meluncurkan produk baru yang menuai beragam tanggapan dari masyarakat.Beberapa masyarakat memberikan umpan balik positif, sementara yang lain memiliki kritik dan kekhawatiran. Apa sikap terbaik yang seharusnya diambil oleh Dina dalammenjaga komunikasi yang baik dengan masyarakat terkait produk baru tersebut...A. Mengabaikan umpan balik negatif dan hanya memperhatikan umpan balik positif.B. Menutup saluran komunikasi dengan masyarakat dan tidak memberikankesempatan untuk memberikan umpan balik.C. Mendengarkan dengan cermat umpan balik masyarakat, menanggapi kritikdengan solusi yang memadai, dan menjelaskan kekhawatiran yang ada.D. Mengabaikan umpan balik dari masyarakat dan melanjutkan pemasaran produktanpa melakukan perubahan.E. Memberikan umpan balik yang tidak jujur dan menutup-nutupi kekuranganproduk kepada masyarakat.

Klik untuk mendapatkan buku rekomendasi
Klik untuk mendapatkan buku rekomendasi

13. Tiwi seorang pelayan toko yang sedang melayani pelanggan, tiba-tiba kepala managermenelpon dan memberikan instruksi untuk segera menemuinya karena ada hal yangpenting dan mendesak. Hal yang harus dilakukan Tiwi adalah...
A. Meminta pelanggan menunggu ia menyelesaikan perintah atasan.
B. Tetap melayani pelanggan dan tidak menghiraukan perintah atasannya
C. Langsung pergi menemui atasannya segera dan meninggalkan pelanggan
D. Meminta kepada rekan lain untuk menggantikan dirinya melayani pelanggan
E. Meminta kepada rekan lain untuk menggantikan dirinya memenuhi perintahkepala manajer

14. Anda bekerja di sebuah rumah sakit yang ingin mempercepat dan mempermudahakses pelayanan kesehatan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.Pilihlah opsi tindakan yang paling sesuai dalam mencapai tujuan tersebut ...A. Implementasi system pendaftaran dan janji temu online utuk mengurangi waktu tunggu pasien di rumah sakit.B. Luncurkan aplikasi seller yang memungkinkan pasien berkonsultasi dengandokter secara daring.C. Berikan pelatihan kepada tenaga medis tentang penggunaan teknologi informasidan komunikasi dalam meningkatkan efisiensi pelayanan kesehatan.D. Lakukan kampanye social untuk manfaat dan cara menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam aksespelayanan kesehatan.E. Kembangkan platform daring yang memungkinkan pasien mengakses riwayatkesehatan, membuat janji temu, dan memantau perkembangan pengobatansecara mandiri.

15. Anda adalah seorang pejabat pemerintahan yang bertanggung jawab dalammemberikan pelayanan kepada masyarakat Anda dihadapkan pada situasi di manaAnda harus memilih antara mengambil keputusan yang menguntungkan sebagianbesar masyarakat atau menguntungkan sekelompok kecil dengan kekuatan danpengaruh politik yang besar. Opsi mana di bawah ini yang akan menjadi pilihan Anda?
A. Mengutamakan kepentingan sekelompok kecil dengan kekuatan dan pengaruhpolitik yang besar untuk menjaga hubungan baik dengan mereka.
B. Memilih keputusan yang menguntungkan sebagian besar masyarakat meskipunbisa berdampak negatif pada hubungan dengan sekelompok kecil yang memilikikekuatan politik.
C. Menghindari mengambil keputusan tersebut dan mencari jalan tengah yang bisamemberikan keuntungan bagi kedua pihak.
D. Mendelegasikan keputusan tersebut kepada tim atau panel yang independenuntuk memastikan objektivitas dalam menentukan pilihan terbaik.
E. Membatalkan pengambilan keputusan tersebut dan mencari saran dari berbagaipihak untuk mencapai konsensus yang dapat menguntungkan semua pihak.

Klik untuk mendapatkan harga promo
Klik untuk mendapatkan harga promo

Jawaban dengan dari pilih A ke E

1. 24513
2. 32514
3. 35214
4. 24531
5. 13254
6. 52431
7. 25341
8. 24153
9. 23154
10. 54132
11. 24351
12. 31524
13. 12354
14. 54213
15. 15324


Blog Post Lainnya
-
@2024 bimbelkanduru Inc.